5 Jajanan Anak Sekolah Paling Laris dan Murah Meriah

5 Jajanan Anak Sekolah Paling Laris dan Murah Meriah

Tahukah Anda apa jajanan anak sekolah paling laris? Sebetulnya mudah untuk mengetahuinya. Kita bisa mengunjungi kantin sekolah dan kemudian melihat jajanan apa atau penjual makanan mana, yang paling banyak diburu anak saat waktu istirahat sekolah tiba.

Dari sejumlah pengamatan, ternyata ada lima jajanan anak sekolah paling laris saat ini, yaitu:

1. Cilok

Cilok bumbu

Inilah makanan yang banyak dibeli anak-anak. Selain rasanya enak, harga jajanan ini pun cukup murah—yaitu berkisar antara Rp500-1000 per buah.  Nama cilok berasal dari aci dicolok. Aci adalah kanji yang dibuat berbentuk bakso bulat dan kemudian ditusuk (dicolok) dengan menggunakan lidi atau tusuk dari bambu.

Untuk isiannya, ada yang menggunakan remahan daging sapi, sosis,potongan telur, dan beberapa variasi lain. Untuk bumbunya, yang banyak disukai adalah saus kacang bercampur kecap. Selain itu, ada juga yang menggunakan bumbu bubuk pedas maupun bumbu tabur gurih sebagai varian rasa.

2. Cireng

cireng

Cireng seperti juga cilok berasal dari tepung kanji. Bumbunya pun sama. Hanya saja yang berbeda cara memasaknya. Oleh karena itu, makanan ini disebut dengan cireng (aci digoreng).

Secara tekstur—karena digoreng—cireng lebih garing pada bagian luarnya dibandingkan cilok, tetapi bagian dalamnya tetap kenyal. Cireng biasanya dimakan dengan saus yang terbuat dari kacang tanah dan cabai.

3. Cimol

cimol

Berasal dari singkatan “aci digemol”, makanan ini juga menjadi kesukaaan anak-anak. Bentuknya sama dengan cilok dan cireng yaitu berbentuk bulat. Cimol dibuat dengan cara digoreng. Ciri khas dari cimol adalah bumbunya yang menggunakan bumbu bubuk dengan pilihan rasa gurih atau pedas.

4. Sempolan

sempolanJajajan anak dibuat seperti sate. Dengan bahan terbuat dari daging ayam yang digiling, tepung terigu, tepung kanji, bawang, garam, dan merica.

Jajanan ini ini unik karena bentuknya yang seperti daging ditusuk. Dimakan bersama saus tomat. Biasanya, penjaja makanan menjualnya dengan harga Rp500 per tusuk.

5. Martabak Mini

martabak miniUntuk jajanan dengan rasa manis, makanan ini yang biasanya diburu anak-anak sekolah. Dibentuk berukuran kecil namun mengenyangkan membuatnya cocok dijadikan makanan pengganjal perut. Rasanya pun dibuat bervariasi, seperti rasa kacang, coklat, keju dan lainnya. Biasanya jajanan ini dijual Rp1.000 per buah.

Itulah jajanan anak sekolah paling laris yang  banyak digandrungi saat ini. Sebagai orangtua, tentu kita perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi anak. Pastikan anak membeli jajanan yang sehat. Kita bisa memperhatikannya dari kebersihan penjual dan tempatnya berdagang.

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: