7 Cara Menghilangkan Keringat Buntet pada Anak

7 Cara Menghilangkan Keringat Buntet pada Anak

Keringat buntet merupakan gangguan kulit yang terjadi akibat tersumbatnya kelenjar keringat. Masalah kulit ini seringnya dialami oleh anak-anak dan bayi.  Adapun secara fisik gangguan kulit ini berbentuk ruam dengan bintik-bintik merah pada bagian leher, dada, punggung, dahi, perut, atau lipatan-lipatan kulit, seperti pangkal paha dan ketiak.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa tips ampuh yang mungkin bisa dicoba untuk menghilangkah keringat buntet pada anak.

1. Usahakan agar anak selalu berada di tempat yang sejuk

tempat yang sejuk

Keringat buntat biasa muncul saat cuaca panas, untuk itu kondisikan rumah atau tempat bermain anak agar selalu sejuk dan dan tidak lembap. Anda bisa memanfaatkan pendingin ruangan ataupun kipas angin. Suhu udara yang kondusif bisa membantu menyembuhkan/menghilangkan keringat buntet sedikit demi sedikit.

2. Kenakan pakaian yang longgar

baju anak longgar

Pilih pakaian yang longgar sehingga sirkulasi udara pada tubuh anak bisa lancar. Pilihkan juga pakaian yang mudah menyerap keringat.

3. Membaluri tepung kanji atau bedak dingin

Secara tradisional, tepung kanji memiliki sifat dingin sehingga bisa membantu menghilangkan rasa gatal pada kulit. Atau jika ingin lebih praktis, saat ini tersedia banyak bedak dingin sebagai penghilang rasa gatal dan membantu mempercepat penyembuhan keringat buntet.

4. Mengoleskan minyak telon

Cara ini cukup efektif untuk menyembuhkan keringat buntet. Kita bisa mengoleskan minyak telon ini pada bagian tubuh anak.

5. Menggunakan es batu

es batu

Cara praktis yang satu ini boleh dicoba. Anda bisa siapkan kantong kain yang kemudian diberi es batu. Selanjutnya, gosokkan perlahan ke area kulit anak yang terkena keringat buntet. Dengan penggunaan yang teratur, perlahan keringat buntet pun akan hilang.

6. Menggunakan lidah buaya

lidah buaya

Resep tradisional lainnya yang bisa dicoba untuk menghilangkan keringat buntet adalah dengan menggosokkan daging lidah buaya pada kulit anak. Kandungan Aloe vera dipercaya dapat menghilangkan rasa gatal sekaligus menyejukkan kulit.

7. Memakai madu

madu

Caranya mudah. Anda bisa mengoleskan madu pada kulit anak yang terkena biang keringat. Setelah itu, diamkan beberapa waktu. Lalu bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Dengan penggunaan teratur, keringat buntet akan berangsur-angsur menghilang.

Demikian 7 cara yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan atau menyembuhkan keringat buntet pada anak. Jika berbagai upaya tersebut sudah dilakukan dan tidak terjadi peprubahan, ada baiknya Anda membawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sekalipun nampak sepele dan tidak berbahaya, tetapi keringat buntet cukup menggangu karena menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman. Untuk itu, orang tua harus lebih memperhatikan kebersihan kulit anak dan cepat bertindak saat melihat gejala keringat buntet pada anak. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: